Kamis, 16 September 2010

pentingnya makanan sehat bagi penderita kanker

Diet makanan sehat dapat mempengaruhi pasien dengan kondisi kanker, meskipun efeknya tidak terlalu besar, seorang ahli menyebutkan.



Meski keterbatasan jumlah dan kualitas dari hasil penelitiannya, para ahli dari Inggris tersebut mengatakan mereka dapat menyimpulkan bahwa diet makanan sehat secara efektif dapat berpengaruh terhadap kondisi pasien kanker.


Mereka menyebutkan bahwa mengkonsumsi makan makanan sehat secara terus menerus sangat menjanjikan untuk perbaikan kanker payudara, dimana dapat menekan risiko kematian akibat kanker yang spesifik tersebut, meskipun sampai saat ini tinjauan untuk diet sehat tersebut masih kecil.


Peneliti Thomas dkk mempelajari data 59 kasus. Dari sejumlah tersebut 25 adalah mereka yang menderita kanker, sedangkan 34 pasien mengalami lesi pra-kanker. Dalam penelitian ini pemberian makan makanan sehat termasuk pemberian suplemen vitamin A, C, B6, serat, kalsium, asam folat, dan beta karoten, yang sama baiknya dengan tindakan penurunan berat badan, olah raga dan menurunkan kalori.


Dalam penelitian tersebut disimpulkan bahwa diet makanan sehat dapat menekan risiko terjadinya kanker payudara berulang. Mereka juga memfokuskan perhatian pada asupan kalsium yang tinggi dapat menekan risiko terjadinya polip kolorektal berulang, dimana merupakan pemicu terjadinya kanker kolon.


Tentunya makan yang benar sangat penting bagi kesehatan, Thomes mengatakan. Diet makanan sehat tentunya sangat penting bagi kesembuhan karena beberapa pasien dengan kanker akan hidup lebih lama dengan pemberian obat-obatan secara efektif.


Diet sehat bekerja sangat baik, Trichopoulus mengatakan. Meskipun efeknya terhadap timbulnya kembali kanker dan tindakan pencegahan tidak besar, namun kenyataannya diet dapat menekan kanker hingga 10-15%. Ia menambahkan mengkonsumsi sedikit daging merah dan banyak makan buah-buahan sangat baik bagi penderita kanker.


Pada penelitian lainnya yang juga dipublikasikan dalam jurnal yang sama disebutkan bahwa bawang putih dan suplemen vitamin tidak dapat menekan kejadian kanker lambung atau lesi prakanker di lambung.

Tidak ada komentar: